CSR PJB PAITON

ORGANIC INTEGRATED SYSTEM ( OIS )

PERTANIAN SELARAS ALAM

Khairul Anam | Senin, 16 Mei 2016 - 14:28:03 WIB | dibaca: 690 pembaca

Penandatangan MOU antara PJB Paiton dengan SekolaKonang yang langsung dilakukan oleh GM PJB Paiton Abu Hasan dan Dir.SekolaKOnang Eko Antony S

PROGRAM  CSR  PJB  PAITON
ORGANIC  INTEGRATED  SYSTEM ( OIS )
Pertanian  Selaras  Alam ( jilid 1 )

Organic Integrated System merupakan program CSR PT PJB UP Paiton yang bermitra dengan Sanggar  Berlajar Tata Kelola  Lingkungan ( Sekola KONANG ) untuk mendesain dan menjalankan program dengan tujuan utama untuk mendirikan Training Center Pertanian Selaras Alam ( Organic Integrated  System ).
Program ini telah dilakukan PJB Paiton bersama  masyarakat  dalam hal ini  Kelompok Tani Sukotani desa Jabung Candi Paiton  bersama  Mitra  CSR  yaitu  Sekola Konang  yang di pimpin oleh Eko Antony Sofyan.Kegiatan  pertama  dilakukan  berupa  pemberian  bantuan peningkatan kapasitas produksi  Pupuk Organik  Padat dan Cair  berupa  Mesin  Chooper dan Pemarut kepada Kelompok Tani Sukotani desa Jabung Candi Kecamatan Paiton  yang di Pimpin oleh sodara  Abdul Nasir yang pada medio Agustus 2013  mendaptkan  Penghargaan  LABDHAKRETYA Kementrian  Riset dan Teknologi  dan diserahkan langsung oleh Wapres  Budiono  di Gedung  BPPT  Jakarta  kala itu.
Beberapa kegiatan  Peningkatan kapasitas  Kelompok Tani  yang dilakukan oleh CSR PJB Paiton bersama Mitra  SekolaKonang  kepada  Poktan.Sukotani  antara  lain :
A.    Training of Trainer Pertanian Selaras Alam
Pada kegiatan pertama dalam Program OIS 2014 sebagai awalan dengan tujuan untuk membuat lembaga pembelajaran pertanian, maka yang perlu disiapkan adalah SDM. Dalam training ini membutuhkan lebih dari seorang trainer yang ahli dalam bidangnya. Melihat kebutuhan ini kegiatan pertama ini dilaksanakan TOT (Training of Trainer). TOT dilaksanakan pada tanggal 22 -24 Januari 2014 yang bertempat Aula Paiton Resort Hotel II Paiton dan training centre Kelompok Tani Suko Tani Desa Jabung Candi. “ Peningkatan kapasitas  masyarakat petani  harus  sejalan antara  produksi pertanian  dan  perkrmbangan  teknologi pertanian  saat ini “ , demikian  kata  Eko Setyawan  ( Supervisor  Umum/CSR  PT PJB UP Paiton  saat  pembukaan acara TOT.
B.    Studi Banding Pertanian Selaras Alam di Bogor
Studi banding Pertanian Selaras dilaksanakan pada tanggal 16-19 Maret 2014 dengan memilih Bogor sebagai tempat Studi Banding. Pada kegiatan yang kedua ini yang ikut studi banding yaitu Suko Tani sebagai peserta dan Sekola KONANG sebagai pendamping dilapangan. Pemilihan Bogor sebagai tempat studi banding banyak dilator belakangi oleh beberapa factor. Pertama, Bogor merupakan pusat kagiatan penelitian bidang pertanian. Kedua, Bogor merupakan basis para penggiat Pertanian Selaras Alam. Ketiga, merupakan sentra hasil produk pertanian.Kegiatan di laksanakan di Pusat pertanian Organik ESHA Flora  Mega Mendung Bogor.
C.    Pengadaan Modul Pembelajaran Training Center Pertanian Selaras Alam
Modul merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh lembaga pendidikan, mengingat modul sendiri merupakan hasil dari pemetaan tentang kurikulum yang berbasis pada apa yang telah diterapkan di kelompok tani Suko Tani. Pengadaan modul ini dikerjakan oleh Lembaga Seboelir dengan mencakup 7 tema modul pertanian selaras alam. Pembuatan Modul ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan TOT yang telah merumuskan kurikulum untuk lembaga TC Pertanian Tri Karya Jadi yang digagas oleg CSR  PJB Paiton bersama  Poktan.Sukotani  Jabung Candi Paiton.
D.    Pemberian Hibah Sarana dan Prasarana Training Centre Pertanian Selaras Alam
Pemberian hibah sarana dan prasarana dari PT  PJB UP Paiton  melalui kegiatan CSR  ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dari anggota dan pendukung dalam menejemen Tri Karya Jadi.Sarana dan prasarana tersebut berupa satu unit laptop Merk Toshiba, satu unit Proyektr merk Infocus, satu unit screen proyektor. Hibah ini diberikan langsung kepada kelompok tani Suko Tani Desa Jabung Candi sebagai upaya peningkatan sarana belajar dan latihan bagi anggota atau peserta yang datang ke Training Centre.Sebelum sarana   penunjang tersebut  diberikan, sebelumnya  di tahun 2013  juga diserahkan Bangunan fisik  berupa  Gedung  pertemuan / kegiatan  yang  dipakai  untuk  sanggar  belajar  Pertanian Selaras Alam.
E.    Pelatihan ke-2 dengan Tema Pertanian Lahan Sempit
Pelatihan ke-2 ini masih dalam rangakaian kegiatan setelah pada kegiatan sebelumnya beberapa anggota telah studi banding ke bogor. Selain itu kegiatan ini merupakan kesempatan untuk memberikan kesempatan kepada trainer baru.  Lokasi yang dipilih tetap di Training center Suko Tani dengan alasan sebagai titik kumpul yang paling mudah karena merupakan episentrum dari kegiatan pertanian selaras alam.
Terdapat tiga anggota yang mendapat kesempatan menjadi pemateri yaitu Muhlisin, Mahat dan Sahir. Dengan tema pembahasan yaitu Pertanian Lahan Sempit dimana peserta yang dipilih adalah masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian. Pertanian lahan sempit merupakan salah satu cara sederhana untuk membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menambah penghasil dengan tujuan akhir yaitu pengurangan tingkat kemiskinan di Desa Jabung Candi.(d3x)










Komentar Via Website : 14
Aiman8
04 Januari 2018 - 18:06:32 WIB
Semoga dengan adanya Training Center Pertanian Selaras Alam ini masyarakat Indonesia akan lebih peduli sama hasil pertanian Indonesia dan bisa membudidayakannya
https://goo.gl/TpzUvN
Denada
09 Januari 2018 - 14:47:13 WIB
Setuju. Semoga dengan adanya training masyarakat lebih peduli dengan lingkungan sekitar bahwa penting banget bisa ngejaga apa yang jadi budidaya negara sendiri.

http://gerakanindonesiasehat.id/gis/
Ageria
22 Januari 2018 - 15:01:30 WIB
Wahh bagus nih apalagi ada arahan hibah sarana dan prasarana. makin mantap udah.
https://goo.gl/AGzPn2
Dellan
23 Januari 2018 - 16:17:43 WIB
Memang sudah seharusnya sih ada kegiatan training seperti ini jadinya dapat lebih baik dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
https://goo.gl/tWxaAX
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)