CSR

Aktivitas CSR

70.000 Mangrove untuk 70 Tahun Indonesia Merdeka

Eko Setyawan | Senin, 11 April 2016 - 10:26:00 WIB | dibaca: 315 pembaca

Bangkit Bersama PJB 

Tujuh puluh ribu bibit mangrove didedikasikan Unit Pembangkitan (UP) Muara Tawar untuk memperbaiki pesisir utara Bekasi yang mengalami abrasi. Bibit tersebut ditanam secara bertahap mulai Jumat (20/11) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi. Penanaman perdana dihadiri oleh Direktur Produsi PT PJB R. Yuddy Setyo Wicaksono, General Manajer UP Muara Tawar Nur Hidayat, dan perwakilan dari instasi pemerintah, Pemda, kepolisian, militer, LSM, siswa sekolah serta masyarakat sekitar. Kegiatan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Taruma Negara itu diharapkan dapat memperbaiki lingkungan dan bisa membentuk kampung wisata mangrove di masa mendatang.

Penanaman 70 ribu mangrove merupakan rangkaian kegiatan program mangrove corporate social responsibility (CSR) UP Muara Tawar. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian unit pembangkit yang mengelola pembangkit berkapasitas 1.760 MW tersebut terhadap lingkungan. Direktur Produsi PT PJB R. Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan, selain mendukung pelestarian lingkungan, program mangrove UP Muara Tawar diharapkan dapat memajukan perekonomian melalui sektor pariwisata bagi masyarakat pesisir. “Esensi kesuksesan program ini selain dari keindahan wisata mangrove, juga didapat dari kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan mangrove.

Pemanfaatan itu antara lain mengolah buah mangrove menjadi makanan dan kerajinan berbahan dasar akar mangrove,” kata Yuddy. Lebih lanjut Yuddy juga mengatakan bahwa penanaman mangrove juga akan melestarikan budaya pembuatan kerajinan perahu berbahan mangrove yang telah berkembang di Tarumajaya sejak dulu.

Program mangrove CSR UP Muara Tawar meliputi edukasi lingkungan, pelatihan budi daya dan pemanfaatan mangrove. Pada tahap awal telah dilakukan pelatihan pembibitan mangrove bagi nelayan, penaman mangrove memperingati Hari Pohon Sedunia dan akan dilanjutkan dengan jambore kesadaran lingkungan bagi siswa SMP. Ke depan setelah penanaman mangrove berhasil akan disusul pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan mangrove. (awg)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)